Resep Ramuan untuk Menyembuhkan Sakit Batu Empedu

Penyakit batu empedu atau koledokolitiasis. Penyakit ini adalah penyakit yang jarang terjadi sehingga tidak umum. Gejalanya, nyeri luar biasa di bagian uluh hati. Jika orang tidak tahu, bisa menganggapnya sebagai sakit maag. Biasanya pada tindakan awal, dokter akan memberikan suntikan penghilang nyeri kemudian dilakukan diagnosa sampai pada pemeriksaan laboratorium dan USG. Pada USG biasanya dokter akan menemukan titik putih di bagian saluran empedu pada foto hasil USG. Namun jika ternyata bukan batu empedu, maka tidak akan ditemukan titik putih pada hasil USG.


Pohon Nusa Indah Putih 
yang banyak tumbuh di hutan


keji Beling

Nusa Indah putih











Jika ditemukan batu empedu, dokter akan memberikan resep obat-obat apotik. Termasuk di antaranya salh satu obat yang harganya cukup mahal bagi pasien kelas bawah apalagi pasien kurang mampu. Sebab, obatnya harus diminum selama beberapa bulan, bahkan ada yang direkomendasikan untuk diminum sampai setahun lebih hingga batunya hilang.
Langkah yang paling ekstrim adalah rekomendasi dokter agar dilakukan tindakan pembedahan untuk mengeluarkan batu empedu.

Nah, di sini saya tidak menawarkan apa yang pernah dokter sarankan kepada pasien batu empedu seperti yang saya alami pada 5 tahun lalu, melainkan saya berikan ramuan yang saya baru dapatkan dari paman saya yang sebulan lalu menderita batu empedu sudah direkomendasi oleh  dokter RSUP Prof Kandouw Manado untuk  dibedah. Paman saya tidak mau dibedah dan berusaha mencari informasi obat tradisional batu empedu. Kebetulan sebelah kamar inapnya ada keluarga pasein yang pernah mengalami penyakit ini lalu berbagi pengalaman. Info ramua ini juga sempat didapat paman dari seorang koleganya yang juga pernah menderita batu empedu.



Bahan:
  • 15 lembar segar daun nusa indah putih (nusa indah putih seperti pada gambar di atas, ya. bukan nusa indah putih yang ditanam di taman sebagai tanaman hias).
  • 15 lembar segar daun keji beling
Caranya:
Hari pertama, rebuslah kedua bahan dengan 9 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minumlah 3 kali sehari 1 gelas.
Hari kedua, kurangi 2 lembar masing-masing bahan sehingga masing-masing 13 lembar saja. Rebus lagi dengan 9 gelas air sampai terisisa 3 gelas untuk di minum hari kedua, pagi segelas, siang segelas, dan sore segelas.
Hari ketiga, kurangi lagi masing-masing 2 dua lembar. Begitu seterusnya sampai hari ke delapan masing-masing tinggal 1 lembar. Rebus dengan takaran air dan dosis pemakaian yang sama.

0 Response to "Resep Ramuan untuk Menyembuhkan Sakit Batu Empedu"

Posting Komentar