Tips kesehatan gejala penyakit ginjal dan penyebabnya

Tips Kesehatan - Gejala Penyakit Ginjal bervariasi sesuai dengan penyebab yang mendasari. Gejala umum dapat termasuk Warna urin berubah, kadang susah buang air kecil, kulit terasa kering dan gatal, mudah memar, Kelelahan, Urin berbau busuk, Sering buang air kecil, oto kejang, terasa nyeri disaat buang air kecil, Pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki, Mendesak ingin buang air kecil, sulit tidur, nafsu makan berkurang.




Bentuk Ginjal yaitu seperti sepasang berbentuk kacang yang terletak di kedua sisi tulang belakang di tengah bawah dari belakang. Setiap ginjal memiliki berat sekitar 1/4 pon dan berisi sekitar satu juta unit penyaringan yang disebut nefron. Setiap nefron terdiri dari glomerulus dan tubulus. Glomerulus adalah miniatur penyaringan atau pengayakan perangkat sementara tubula adalah tabung kecil seperti struktur melekat pada glomerulus.


Penyakit ginjal terjadi atau sering menyerang seseorang tanpa adanya keluhan sama sekali dari penderitanya. Penyebab gagal ginjal yang utama adalah penyakit diabetes dan penyakit genetik seperti kelainan kekebalan, cacat lahir dan sebab-sebab lainnya. 

Berikut adalah Gejala Penyakit Ginjal yang harus diketahui berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal yang berpotensi terjadinya gagal ginjal.

  1. Penimbunan sampah dalam darah. Hal ini ditandai dengan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit-sakitan, gatal, kram, mudah lupa, susah tidur, mual-mual, tidak ada nafsu makan, daya tahan tubuh terhadap infeksi kurang
  2. Masalah keseimbangan cairan. Penimbunan cairan dengan tanda-tanda  pergelangan kaki dan awajh membengkak. Sebaliknya  pengeringan cairan ditandai dengan mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.
  3. Gangguan hormon. Dengan berkurangnya daya kerja ginjal bisa menyebabkan ginjal lebih banyak menghasilkan lebih banyak hormon atau extra hormon. Akibatnya akan menambah hormon tekanan darah. Sebalinya hormon-hormon yang lain berkurang produksinya. Maka hal ini menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah dan juga tulang menjadi rapuh.
Ginjal yang terhubung ke kandung kemih dengan tabung yang disebut ureter. Urin disimpan dalam kandung kemih sampai kandung kemih dikosongkan dengan buang air kecil. Kandung kemih terhubung ke bagian luar tubuh dengan tabung lain seperti struktur disebut uretra.

Penyebab Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang mendasari, gangguan atau kondisi yang menyebabkan kerusakan ginjal, seperti obstruksi, infeksi, keganasan, peradangan, kelainan bentuk, menelan racun, atau suplai darah yang berkurang ke ginjal.

Untuk menjaga kesehatan penyakit Ginjal bisa dengan cara
1. Kurangi konsumsi makanan cepat saji karena kadar garamnya tinggi.
2. Hindari asupan garam dan makanan berlemak terlalu banyak.
3. Hindari konsumsi protein tinggi dalam bentuk suplemen protein.
4. Minum 2-3 liter air tiap hari untuk membantu mengurangi timbunan zat-zat berbahaya di ginjal yang nantinya dikeluarkan melalui urine.
5. Diet rendah garam 6. Monitoring dan kontrol tekanan darah

Untuk mencegah penyakit ginjal dan menyehatkan fungsi ginjal dapat mengkonsumsi Kapsul Ekstrak Herbal Maxgiver dengan Komposisi yang pas untuk penderita gangguan pada liver, ginjal dan Hepatitis. Baca info komposisi obat herbal maxgiver disini Obat Herbal Maxgiver.

0 Response to "Tips kesehatan gejala penyakit ginjal dan penyebabnya"

Posting Komentar