Ramuan Herbal Buah Delima untuk pengobatan

Ramuan Herbal - Buah Delima sudah tidak asing lagi kita mendengarnya tetapi mungkin khasiat buah delima itu bagi masyarakat awam yang belum banyak mengetahuinya. Buah Delima dengan nama ilmiah Punica granatum L ini merupakan tanaman perdu (pohon kecil) jika dilihat buah nya hampir mirip dengan buah mahkota dewa warnaya merah cerah namun buah delima jika dibelah memiliki banyak sekali biji-biji yang kecil, buah ini dengan potensi ketinggian pohon dapat mencapai 5 meter. Ciri-ciri tanaman ini adalah memiliki banyak sekali cabang-cabang berdiameter kecil. Daun-daun delima berukuran kecil dan bertangkai pendek. Banyak orang gemar mennamam pohon delima di pekarangan rumahnya karena bentuknya yang indah.
Kandungan Buah Delima 
Kulit buah delima mengandung asam tanik atau tannic acid.Asam ini merupakan unsur pengontrol unsur ini juga tedapat dalam buahnya. disamping unsur-unsur pengontrol air buah delima juga mengandung gula mentol dan jenis gula lainnnya. selain itu buah ini juga kaya akan unsur besi.
Kandungan Gizi Buah Delima
Jus (air) buah delima kaya akan unsurunsur gula dan unsur besi. kedua unsur ini sangat penting bagi pembentukan sel darah merah.Oleh karena itu ia sangat bermanfaat bagi mereka yang kekurangan darah (Anemia).
3 Manfaat Buah Delima
1. Kulit buah delima bisa digunakan untuk mengobati diare dan ambeien
2. Air buah delima bisa digunakan untuk menyembuhkan pilek atau menghilangkan penyumbatan pada hidung misalnya saat demam.
3. Adapun gilnar yang merupakan bunga buah ini apabila dididihkan/direbus sangat bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah.
Selain itu buah delima juga memiliki manfaat sebagai berikut :
- Sakit Tenggorokan
- Sakit Dada
- Paru-Paru
- Batuk
- Obat Herbal Ambeien
- Glukoma ( Mata )
- Radang
- Cacingan
Resep Herbal Buah Delima untuk pencegahan dan pengobatan :
Buah delima ini bisa dimakan langsung atau pun diolah lainnya. namun kali ini kita akan gunakan ramuan herbal. caranya ambil daging buah delima lalu dimasak dapat ditambahkan madu. masak hingga 20 menit . setelah beres memasak dapt di konsumsi langsung . lakukan ini 4-5 kali dalam satu minggu.
Ramuan Herbal Buah Delima dengan Kombinasi Herbal Lainnya :
KEPUTIHAN

Bahannya :
- 15 gr kulit Delima kering
- 30 gr Sambiloto segar atau 15 gr Sambiloto kering
- 600 cc air

Cara membuatnya :
Rebus semua bahan tersebut diatas hingga air tersisa 200 cc. Setelah dingin, saring dan minum. Lakukan selama 10 hari berturut-turut.

MUNTAH DARAH

Bahannya :
- 30 gr bunga Delima
- 30 gr akar alang-alang
- 500 cc air

Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, rebus semua bahan tersebut diatas hingga air tersisa 200 cc. Setelah dingin, saring dan minum. Lakukan selama 14 hari berturut-turut.

SINUSITIS

Bahannya :
- 15 gr daun Delima segar
- 30 gr daun Jagung segar
- 15 gr daun Teh segar
- 500 cc air

Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, rebus semua bahan tersebut diatas hingga air tersisa 200 cc. Selagi hangat-hangat kuku, saring dan minum. Lakukan selama 10 hari berturut-turut.

CACINGAN

Bahannya :
- 15 gr kulit Delima kering
- 5 gr biji Pinang kering
- 200 cc air panas

Cara membuatnya :
Tumbuk biji Pinang kering sampai halus, campurkan dengan kulit Delima dan seduh. Aduk sampai rata dan saring, lalu minum selagi hangat. Lakukan selama 3-5 hari berturut-turut. 

Demikian artikel penjelasan mengenai khasiat buah delima, kandungan buah delima, dan cara membuat ramuan buah delima bagi kesehatan untuk dijadikan obat herbal, semoga bermanfaat, baca juga artikel cara membuat ramuan obat herbal ambeien.

0 Response to "Ramuan Herbal Buah Delima untuk pengobatan"

Posting Komentar